Minggu, 27 Maret 2016

40 Fakta tentang perusahaan TransCorp

   40 Fakta tentang perusahaan TransCorp
          Trans Corp adalah salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia yang didirikan oleh Chairul Tanjung.Langkah bisnis anak usaha CT Group makin mantap di bisnis hiburan dan media. Dengan melakukan sejumlah konsolidasi dan akuisisi, perusahaan ini tidak mau kalah dari saingannya yaitu MNC Group dan Viva Group. Selain memiliki bisnis media, perusahaan milik Chairul Tanjung ini juga berencana membangun 20 Trans Studio di Indonesia.

                 Berkas:Logo TransCorp pada Baju Karyawan TransTV dan Trans7.svg ...


1.      PT Trans Corporation yang sebelumnya memiliki nama PT Para Inti Investindo.

2.      PT Trans Corporation adalah unit usaha CT Corp di bidang media, gaya hidup, dan hiburan.

3.      CT Corp sebelumnya memiliki nama Para Grup yang diresmikan Pada tanggal 1 Desember 2011 oleh Chairul Tanjung.

4.      Awalnya CT Corp mendirikan usaha ekspor sepatu anak-anak dengan bermodalkan sebesar Rp 150 juta, yang diperolehnya dari Bank Exim.

5.      Tahun 1996, CT Corp mengakusisi Mega Bank dan mengubah namanya menjadi Bank Mega.

6.      Di bisnis media, Trans Corp juga terus berekspansi dengan membeli situs berita online detik..com pada Juni 2011.

7.      Selain memiliki bisnis media, perusahaan milik Chairul Tanjung ini juga berencana membangun 20 Trans Studio di Indonesia.

8.      Kemudian kelompok ini mengembangkan bisnisnya lewat kompleks pertokoan Bandung Supermall. Dalam kondisi yang tidak terlalu menguntungkan, CT Corp mengambil alih Bank Tugu dan mengganti namanya menjadi Bank Mega Syariah Indonesia.

9.      Bank Mega menjadi sumber dana terbesar bagi CT Corp dengan kontribusinya sekitar 40 persen.

10.  TRANS corp memiliki 2 stasiun telivisi yang dinaunginya, yaitu TRANS TV dan TRANS 7, TRANS TV membuat debut pada tanggal 15 Desember 2001 di Jakarta.

11.  Trans TV sudah mengalami break event point by operation pada tahun kedua, yakni sekitar Mei 2003. Titik balik keberhasilan Trans TV berlangsung sejak kuartal satu 2002.

12.  Menurut survei Nielsen Media Research, Trans TV berada di peringkat kelima sebagai peraih iklan terbanyak dari 10 stasiun televisi, yakni sebesar Rp 149,2 miliar.

13.  CT Corp punya hubungan baik dengan Anthony Salim. Salim Group pernah berutang budi ketika CT Corp ikut menyelamatkan Bank Central Asia, yang waktu itu didera krisis keuangan.

14.  CT Corp bermitra dalam menggarap proyek dengan Salim Group di Batam dan Singapura. Dengan Sinar Mas Group, CT Corp juga bermitra dalam perusahaan asuransi jiwa Mega Life.

15.  Di Singapura, CT Corp mengakuisisi satu perusahaan publik bernama Asia Medic, yang bergerak di bidang health care.

16.  CT Corp membuat perusahaan patungan bernama Gladifora.

17.  Di Batam (dengan bekerja sama dengan Arsikon) CT Corp membuat perusahaan patungan di bidang properti, dan sudah mendapatkan konsesi lahan sekitar 300 hektar di lokasi strategis. Rencananya pada lahan ini akan dibangun pusat hiburan dan pemukiman. Perumahan tersebut adalah Coastarina.

18.  CT Corp terdiri dari tiga perusahaan sub holding: Mega Corp, Trans Corp, dan CT Global Resources yang meliputi layanan finansial, media, ritel, gaya hidup, hiburan, dan sumber daya alam.

19.  Trans TV lewat induk perusahaannya Trans Corp pada Juni 2006 membuat MoU untuk membeli sebagian saham TV7 yang dipegang Kelompok Kompas Gramedia.

20.  Pada Agustus 2006, TRANS Corp mengakuisisi TV7 yang sekarang berubah menjadi TRANS7.

21.  Trans Corp didirikan sebagai penghubung antara stasiun televisi Trans TV dengan stasiun televisi yang baru saja diambil alih 55% kepemilikan sahamnya oleh CT Corp dari Kelompok Kompas Gramedia, Trans7 (dulunya TV7).

22.  Trans Corp dimiliki oleh CT Corp yang dimotori Chairul Tanjung.

23.  Pada tanggal 19 Desember 2011, Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub) Saifullah Yusuf meresmikan Kantor Trans Corp Biro Surabaya di Jalan Jimerto Nomor. 17A dari kelurahan Ketabang, kecamatan Genteng,daerah Surabay Pusat, kota Surabaya (ibu kota provinsi Jawa Timur). Kantor ini akan menjadi tempat perwakilan bagi Trans TV, Trans7 dan DetikCom biro Surabaya. 

24.  Pada tanggal 1 Februari 2012, Walikota Bandung Dada Rosada meresmikan Kantor Trans Corp Biro Bandung di Jalan Lombok Nomor. 33 dari kelurahan Citarum, kecamatan Bandung Wetan, kota Bandung (ibu kota provinsi Jawa Barat). Kantor ini akan menjadi tempat perwakilan bagi Trans TV, Trans7 dan DetikCom biro Bandung.

25.  Presiden ke enam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono disebut-sebut ditunjuk menjadi Komisaris Utama Transcorp Media.

26.  Perubahan logo pada TRANSCORP menegaskan bahwa TRANSMEDIA ini menyuarakan sebuah semangat dan perjuangan untuk mencapai keunggulan yang tiada banding mulai dari sekarang hingga masa mendatang.

27.  TRANSCORP sendiri memiliki CSR (Corporate Social Responsibilty) yang dimana sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan di sekitarnya serta tanah air.

28.  Tanggung jawab TRANS TV terhadap tanah air telah diwujudkan dengan membantu Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu dalam membangun asrama dan sekolah “Selamatkan Tunas Bangsa” untuk usia SD di lokasi Pesantren Tengku Cik Oemar Diyan, Indrapuri, Aceh Besar pada tahun 2005.

29.  Ketika terjadi bencana gempa dan tsunami, TRANS TV membangun Rumah Anak Madani (RAM) sebagai wisma bagi anak-anak korban gempa dan tsunami yang terletak di Jalan Raya Veteran, Kebun Helvitia, Pasar 7, PTPN II – Medan, Sumatera Utara. Pada 5 Februari 2005 Wakil Presiden RI, Bapak Jusuf Kalla melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan RAM, yang kemudian diresmikan pada bulan Desember 2005 dan telah menampung lebih dari 300 anak.

30.  Pembangunan Rumah Anak Madani merupakan hasil sumbangan pemirsa TRANS TV melalui program “Dompet Amal TRANS TV”. Selain itu, total dana sebesar Rp 5 miliar tersebut juga berasal dari sumbangan beberapa donatur, baik berupa uang maupun bahan bangunan. Selama pembangunan RAM, TRANS TV menyalurkan lebih dari 200 ton bantuan pemirsa berupa bahan makanan dan pakaian layak pakai ke Aceh.

31.  Program CSR TRANS TV tidak hanya terbatas pada bantuan musibah dan bencana alam, tetapi juga meliputi program reguler. Setiap bulan puasa departemen Marketing Public Relations secara rutin mengadakan acara “Buka Puasa bersama Anak Yatim Piatu”, di mana beberapa Panti Asuhan akan diundang ke TRANS TV secara bergantian setiap tahunnya.Dana hajatan tersebut berasal dari sumbangan zakat para karyawan TRANS TV yang dikumpulkan selama bulan Ramadhan.

32.  Program CSR regular lainnya yaitu kegiatan “Donor Darah” yang diadakan setiap tiga bulan sekali. Bekerja sama dengan tim PMI, TRANS TV mengaja kseluruh karyawan untuk secara rutin menyumbangkan darahnya demi kesehatan dan kepedulian sosial.

33.  Pembangunan TRANS TV dirancang untuk bisa beroperasi menggunakan teknologi digital penuh, mulai dari tahap praproduksi hingga tahap paska produksi dan siaran on air.

34.  Transcorp mendatangi pemerintah kota Palembang yang bermaksud ingin mennjalin kerjasama untuk membangun hotel dan mall di pesisir Sungai Musi.

35.  Sulur bisnis Chairul Tanjung, pemilik CT Corp makin panjang. Terakhir, perusahaan ini melalui anak usahanya Trans Airways membeli 10,88% saham PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) seharga Rp 620 per saham.

36.  Untuk melengkapi bisnis hiburan, Trans Corp kemudian berkongsi dengan Kalla Group membangun Trans Studio di Makassar. Resmi beroperasi pada 9 September 2009, wahana rekreasi dan permainan dalam ruangan atau indoor ini diresmikan oleh Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia saat itu yang juga pemilik Kalla Group.

37.  Untuk membangun Trans Studio di Bandung, perusahaan ini diperkirakan harus merogoh kocek sekitar Rp 2 triliun. Itu di luar ongkos akuisisi tanah. Selain Bandung, Trans Studio juga akan membangun 20 wahana lain seperti di Solo dan Palembang, serta di Jakarta.

38.  Trans Corp melalui anak usahanya PT Trans Retail juga telah mengakuisisi 40% sahamPT Carrefour Indonesia dengan nilai lebih dari US$ 300 juta pada April 2010.

39.  Trans memiliki PT Trans Coffee dengan merek The Coffee Bean & Tea Leaf dan es krim Baskin-Robbins.

40.  Transvision (sebelumnya dikenal sebagai TelkomVision dan YesTV) adalah perusahaan Trans Corp yang bergerak di bidang stasiun televisi berlangganan dengan kantor pusat yang berada di Jakarta, Indonesia. Saat ini Transvision memberikan layanan siaran televisi satelit berlangganan. Transvision menyiarkan siarannya lewat satelit Telkom-1 (C-Band) dan MEASAT 3B (KU-Band) atau juga disediakan satelit Telkom-3 khusus UseeTV.[1] Mulai 2016 Transvision sepenuhnya bersiaran menggunakan satelit baru Measat 3B.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar