Senin, 14 Maret 2016

25 Fakta tentang perusahaan Qatar Airways



QATAR AIRWAYS
Qatar Airways adalah nama maskapai penerbangan Qatar, yang memiliki basis utama di Bandara International Doha. Saat ini, Qatar Airways melayani 75 tujuan internasional dan merupakan salah satu dari 5 maskapai pernerbangan yang mendapatkan status five star airlines dari Skytrax. Qatar Airways juga merupakan anggota Arab Air Carriers Organization. Berikut dibawah ini merupakan fakta-fakta tentang maskapai penerbangan Qatar Airways yang telah saya rangkum dari beberapa sumber yang telah saya baca.
25 Fakta tentang Qatar Airways:
1.     Qatar Airways merupakan Maskapai terbaik di Dunia berdasarkan penilaian Skytrax.
2.     Qatar Airways berhasil memperoleh penghargaan World's Best Airlines pada tahun 2011 dan 2012.
3.     Pada tahun 2013 Qatar airlways menepati posisi ke dua sebagai "World's best airline" dan mendapatkan penghargaan sebagai maskapai penerbangan kelas bisnis terbaik di dunia versi skytrax.
4.     Qatar Airways ditubuhkan pada 22 November 1993, operasi bermula pada 20 Januari 1994 Amman mula diterbang pada Mei 1994 Pada April 1995, CEO syarikat penerbangan merupakan Sheikh Hamad Bin Ali Bin Jabor Al Thani dengan 75 pekerja.
5.     Semua kelas penerbangan Qatar Airways (kecuali A300/319/320/321) memiliki layar video di setiap tempat duduk. Siaran television satelit secara langsung juga ditawarkan di kapal terbang A330 dan A340 yang menawarkan rancangan Eropah dan Arab.
6.     Qatar Airways menawarkan penumpang kelas pertama lebih daripada 6.5 kaki ruang dan tempat duduk yang dilipat dalam katil dengan duvet kulit. Tempat duduk kelas pertama dilengkapi dengan fungsi mengurut dan sistem hiburan.
7.     Terminal Premium merupakan terminal khas Qatar Airways untuk penumpang kelas pertama dan perniagaan, dibuka di Lapangan Terbang Antarabangsa Doha pada 2006. Dibina dalam jangka masa 9 bulan dengan kos US$90 juta, terminal sebesar 10,000 batu persegi ini mengandungi kemudahan-kemudahan seperti kaunter daftar masuk, tempat membeli-belah bebas cukai, bilik persidangan, sauna, jakuzi dan restoran.
8.     Barcelona negosiasikan kontrak baru bersama Qatar Airways di Doha.
9.     Mulai 30 April 2014, Qatar mengoperasikan bendara barunya yang megah di Doha. Bandara ini akan menggantikan bandara lama yang kapasitasnya sudah penuh.
10.                         Bandara baru Qatar mampu menampung 30juta penumpang pertahun. Dalam beberapa tahun kedepan kapasitasnya akan naik 50juta pertahun. Setiap jamnya ada 8.700 penumpang.
11.                         Pengoperasian bandara baru Qatar sempat molor lama karena alas an standar keamanan yang belum memadai.
12.                         Fine Dining adalah sebuah konsep yang ditawarkan oleh Qatar Airways kepada para penumpangnya untuk memperoleh pengalaman penerbangan yang tidak terlupakan.
13.                         Qatar Airways yang berbasis di Doha melayani penerbangan melalui Hamada International Airport (HIA), sebuah bandara baru dengan fasilitas kelas dunia yang beroperasi sejak April 2014.
14.                         Qatar Airways memiliki 2 rute penerbangan langsung Indonesia yaitu melalui Jakarta dan Denpasar.
15.                         13 Desember 2015 pesawat Qatar Airways menggagalkan diri secara otomatis mengudara menjelang penerbangan rute baru dari Amerika menuju Doha.
16.                         Qatar Airways menjadi maskapai pertama yang menerbangkan pesawat modern Airbus A350 dari Amerika Serikat. Namun, penerbangan pada kamis 10 Desember 2015 berjalan diluar rencana mereka.
17.                         Maskapai penerbangan Qatar telah memenangkan beragam penghargaan selama beberapa tahun terakhir, seperti : Best Business Class (World Airline Awards, 2013), World’s Best Business Class Lounge (World Airline Awards, 2013), Best Airline Staff Service in Middle East (World Airline Awards, 2013), World’s Best First Class Lounge (World Airline Awards, 2011), Best Airline – Middle East (World Airline Awards, 2011), Best Economy Class (Skytrax Awards, 2010 dan2009).
18.                         Qatar merupakan satu dari sedikit maskapai penerbangan yang beroperasi di enam benua, yang mencakup 128 tujuan penerbangan di 69 negara.
19.                         Bandara pusat Qatar Airways yakni Bandar Udara Internasional Doha terhubung ke semua destinasi penerbangan di Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, dan Oseania.
20.                         Qatar juga memiliki perjanjian code-share dengan berbagai maskapai penerbangan internasional seperti American Airlines, Malaysia Airlines, All Nippon Airways, Asiana Airlines, Bangkok Airways, Gol Airlines, JetBlue Airways, Middle East Airlines, dan Philippine Airlines. Bahkan rute perpanjangan yang berada di luar jaringan Qatar juga tercakup oleh perjanjian code-share dengan SNCF railways (sebuah perusahaan kereta api milik Perancis).
21.                         Qatar beroperasi dengan menggunakan 126 armada yang terdiri atas 81 pesawat Airbus 320, 340, 350, 380 dan 45 pesawat Boeing 777.
22.                         Qatar sedang dalam proses pemesanan lebih dari 174 pesawat.
23.                         Qatar telah tercatat di dalam sejarah sebagai maskapai penerbangan komersial dunia yang pertama yang menggunakan gas sintetis dan bukan bensin cair yang berasal dari gas alami.
24.                         Qatar memiliki program hadiah dan frequent flyer yang cukup populer di antara para konsumen.
25.                         Qatar Airways juga merupakan anggota Arab Air Carriers Organization.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar